Selasa, 08 Oktober 2013

Averrhoa bilimbi L = Belimbing wuluh

 
Belimbing wuluh disebut Averrhoa bilimbi L.. yang termasuk ke dalam famili oxalidaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah limeng, selemeng, baliembieng, blimbing buloh,limbi,libi,tukurela,dan malibi. Nama asingnya bilimbi,cucumber tree, kamias.

CARA BUDIDAYA :
Perbanyakan tanaman menggunakan rimpang atau akar tunggal.

KANDUNGAN KIMIAWI :
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, -batang : saponin,tanin,glucoside,calcium oksalat,sulfur,asam format,peroksidase -daun : Tanin, sulfur, asam format,peroksidase,calcium oksalat, kalium sitrat.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN :
Daun, bunga, dan buah.

 EFEK FARMAKOLOGIS
KHASIAT dan RAMUAN

          - Analgesik
          - Kolagog
          - Antiradang
          - Deuretik
          - Hipotensif

Batuk.
        10 buah, cuci, tumbuk, remas dengan 2 sendok makan air garam, saring. Minum 2x sehari
        Sariawan.
        Bunga belimbing wuluh ¾ genggam,cuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 kali ¾ gelas.
         Gondongan.
        Sepuluh ranting muda belimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ke tempat yang sakit ( kelenjar air liur )
        Batuk pada anak.
     Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air satu cangkir, ditim beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan sepotong kain, dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam ketika perut kosong.
        Rematik
        1 ons daun muda belimbing wuluh,10biji cengkeh,15 biji merica,cuci lalu giling halus.tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur dan oleskan ke tempat yang sakit.
       Jerawat.
      Buah belimbing wuluh secukupnya dicuci lalu di tumbuk halus,diremas dengan air garam seperlunya untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

0 komentar: