Kamis, 16 Oktober 2014

7 Hal yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh


Apakah akhir-akhir ini Anda sering merasa mudah sakit padahal Anda sudah menjalankan pola hidup yang sehat? Bisa jadi hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh Anda yang menurun. Beberapa faktor eksternal bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Berikut adalah contohnya seperti dilansir dari healthmeup.com.

Polusi udara
Debu dan asap yang menjadi bagian dari polusi udara mampu melemahkan sel dalam tubuh yang disebut dengan sel T. Sel ini memainkan peranan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika sel T tercampur polusi udara, maka dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Duduk sepanjang hari
Pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk sepanjang hari mampu memperlambat sistem metabolisme tubuh Anda. Hal ini mampu mengurangi penyerapan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pemakaian make up
Make up yang Anda pakai sehari-hari ternyata bisa mengganggu kesehatan tubuh. Terutama yang mengandung bahan sodium lauryl. Bahamn yang asing bagi tubuh ini bisa merusak sistem kekebalan tubuh Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji
Kandungan tepung dalam makanan cepat saji akan menekan kesehatan sel T dan sel C dalam tubuh yang diperlukan untuk melawan infeksi.

Kurang tidur
Tubuh Anda memproduksi melatonin saat tidur. Sehingga ketika Anda kurang tidur, maka produksi melatonin akan terganggu. Melatonin sendiri menghasilkan sel darah yang cukup untuk melawan penyakit.

Stres
Stres kronis mampu mengundang gerombolan penyakit dan mengacaukan sistem kekebalan tubuh Anda sendiri. Stres akan menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol yang mengurangi kesehatan tubuh.

Kekurangan lemak sehat
Lemak sehat yang berasal dari ikan dan kacang-kacangan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Lemak ini memiliki efek anti-inflamasi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Ternyata hal sederhana di atas bisa berdampak buruk untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu kurangi paparan hal buruk tersebut seminimal mungkin dan selalu jalankan pola hidup sehat.


0 komentar: