Sabtu, 09 November 2013

syzygium polyanthum (wight): Salam

Salam disebut Eugenia polyanthum wight. Atau E. Lucidula miq. Termasuk kedalam famili tumbuhan Myrtaceae. Tanaman ini di kenal dengan nama daerah meselengan,ubar serai, gowok, manting atau kastolam.

CARA BUDIDAYA :
Perbanyak tanaman menggunakan biji atau stump.

KANDUNGAN KIMIAWI :
Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah di ketahui antara lain: Minyak atsiri (0,05%) yang mengandung sitral dan iugenol, tanin dan flavonoida.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN:
Daun, kulit batang, buah dan akar.

EFEK FARMAKOLOGIS :
Memperbaiki sirkulasi
Hipotensif
Hifoglikemik
Radang lambung

KHASIAT  dan RAMUAN
Diare.
Daun 15 g dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit,tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring, minum sekaligus, atau kulit batang dipotong potong diseduh dan diminum sebagai teh.

Kencing manis.
Daun 7 lembar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk dua kali minum.

Sakit  maag.
Daun 15-20 lembar dicuci bersih, rebus dengan ½ liter air sampai mendidih.tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

Mabuk akibat alkohol.
Satu genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring lalu di minum

Kudis, gatal
Daun atau kulit batang dan akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur  balurkan ketempat yang sakit.

0 komentar: