Kamis, 26 September 2013

Khasiat kurma Menurut Ahli Medis Klasik

   Ibnul Qoyyim rohimahullah  menyebutkan sisi lain dari khasiat kurma. Beliau mengatakan “bahwa kurma berkhasiat memperkuat liver, memperlancar buang air, menambah libido seks, dan bisa menyembuhkan tenggorokan kering. bila dikonsumsi saat perut kosong sebelum kemasukan makanan lain, dapat membunuh cacing, memperlemah, mengurangi  ataupun membunuhnya. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus cemilan.” Beliau juga menjelaskan,”kurma merupakan makanan utama yang dapat menjaga kesehatan, terutama sekali bagi yang sudah terbiasa mengonsumsinya, seperti  penduduk kota madinah dan yang lainnya. Kurma merupakan yang terbaik di negara negara dingain dan panas yang tingkat panasnya sedang.
   Sebagian medis klasik lain membedakan antara kurma muda dengan kurma  kering .Tentang kurma muda, mereka menjelaskan, kurma muda dapat memperkuat kandung kemih dan lambung, bisa menghentikan mencret  dan pendarahan rahim, dapat menghentikan darah wasir, juga bisa digunakan untuk mengobati luka dengan di masukkan kedalam  balutan.
  Sementara mengenai kurma , mereka menjelaskan “ kurma memperkuat liver ,mempermudah buang air, dan menamabah kekuatan seks bila di campur dengan susu murni dan kayumanis. ia juga dapat menyuburkan badan dan menghangatkan tubuh, berguna  untuk mengobati sakit dada dan paru-paru serta memperindah warna kulit”.
    Semua khasiat yang telah disebutkan di harapkan (dapat terealisir)  bagi siapa saja yang mengonsumsinya secara seimbang tidak kurang tidak lebih. Adapun bagi orang orang yang kegemukan dan mengidap penyakit diabetes, berdasarkan nasihat dokter, justru harus meninggalakan kebiasaan mengonsumsi kurma. Demikian juga orang yang mengalami pengembungan perut,  pembesaran usus besar atau mencret.
     Ibnul Qoyyim rohimahullah  menjelaskan , kurma termasuk makanan ,obat sekaligus buah. kurma amat sesuai dengan kebanyakan tubuh manusia, dapat memperkuat tubuh secara alami dan tidak dapat menimbulkan kotoran berbahaya yang biasa dihasilakan berbagi jenis makanan dan buah buahan lainnya. bahkan untuk yang sudah terbiasa mengonsumsinya, kurma dapat mencegah pembusukan dan kerusakan dini pada makanan dalam perut.
      Coba amati berbagai khasiat melimpah yang di hasilkan dari buah kuma ini .maha suci Allah yang telah mengenalkan buah itu kepada para hambanya, sebelum kalangaan medis mengetahahui berbagai khasiat tersebut  dan menyingkap  berbagai rahasia dari buah tersebut, sejak beberapa ratus  tahun sebelumnya. disamping semua khasiat itu, masih adapula pahala dan ganjaran yang besar (di sisi Allah).
   Bagi siapa saja yang menyatapnya demi mengikuti sunnah Nabi, niscaya ia akan mempemperoleh pahala. karna sesuatu yang mubah bisa berubah menjadi sunnah. sebagai mana sabda beliu.                                                  
‘’sesungguh nya amalan itu di nilai bila disertai dengan niat. Dan sesungguhnya hanya masing  masing orang hanya mendapatkan apa yang ia niat kan.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)
(Di sadur dari buku Khasiat Kurma & Mukjizat Kurma ‘Ajwah)
Penulis:  Muhammad bin Shalih Al-Khuzaim

0 komentar: